Pokok Pikiran Qadariyah

ABSTRAK. Ajaran Islam mengharuskan umatnya untuk memiliki aqidah yang kuat dalam masalah ketuhanan. Sebab hal itu menjadi masalah yang sangat pokok dalam ajaran agama Islam. Al-Qur’an yang menjadi sumber keagamaan dan moral bagi Islam, mempunyai ajaran-ajaran dasar yang bertujuan membentuk masyarakat yang terdiri dari individu-individu yang saleh, dengan kesadaran religius yang tinggi serta memiliki aqidah yang benar dan murni tentang Tuahn. Al-Qur’an juga memberikan bimbingan pada manusia bagaimana cara berhubungan antara manusia manusia dengan Tuhan, manusia dan manusia, serta manusia dan alam.
Salah satu ajaran dasar Islam yang menempati posisisentral dalam khazanah keilmuanIslam adalah ilmu kalam. Ilmu kalam mengarahkan pembahasannya kepada segi-segi mengenai Tuhan dan berbagai derivasinya. Dalam perkembangannya di dalam ilmu kalam terdapat beberapa kelompok yang memperdebatkan hal ini. selain masalah ketuhanan, aliran-aliran tersebut memperdebatkan masalah ikhtiyar, yaitu maslah usaha dan daya upaya yang dilakukan oleh manusia. Aliran tersebut adalah paham aliran qadariyah dan jabariyah
makalah bisa di download di sini
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogroll

Popular Posts

Search

Diberdayakan oleh Blogger.

a.n Ilma Kamila binti 123

About

seandainya sebuah karya menunggu sempurna, maka nyaris tak akan ada karya terlahir di dunia ini

Blogger templates

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.